Cara Membangun Personal Branding di Sosial Media Dalam Berbisnis MLM

Membangun Personal Branding

Di dalam artikel Cara Berbisnis MLM Menggunakan Sosial Media, disana dikatakan kalau  Sosial Media merupakan sarana yang sangat ampuh dalam membangun Personal Branding, dimana Personal Branding ini sangat berpengeruh dalam meningkatkan "Reputasi" kita sebagai Pebisnis MLM.

Cuma dalam membangun Personal Branding di Sosial Media, kebanyakan mereka para pebisnis MLM, melakukan suatu kesalahan yang signifikan yaitu "Tiap jam posting Status Iklan  Menawarkan Produk dan Menawarkan Peluang Bisnis" Dengan Asumsi "Percaya semakin sering orang melihat Iklan maka minat orang - orang akan produk dan peluang bisnis yang ditawarkan akan semakin besar". terus diulangi setiap hari dengan pantang menyerah.

Alih - alih ingin membangun Personal Branding sebagai Pebisnis MLM yang profesional, justru sebaliknya orang - orang yang menjadi  teman Sosial Media men cap anda sebagai "Hama" yang harus di jauhi, mereka benci karena setiap saat iklan Anda Muncul Di Timeline mereka, tanpa disadari anda telah kehilangan kepercayaan orang-orang yang menjadi teman anda yang merupakan target potensial sebagai konsumen ataupun Mitra Bisnis MLM anda. Dan anda akhirnya sadar telah memboroskan waktu, tenaga, pulsa kuota selama berbulan-bulan. Akhirnya anda berhenti...dan anda mulai berpikir kalau bisnis MLM itu susah tidak seperti yang di iming-imingkan pada waktu di prospek, anda berpikir anda merasa sudah kena tipu sama yang mengajak anda berbisnis MLM.

Jadi bagaimana Cara Membangun Personal Branding di Sosial Media dalam berbisnis MLM ?

Anda harus menguasai Product Knowledge
Pada umumnya perusahaan MLM memiliki lebih dari satu produk yang di pasarkan, tapi diantara semua produk yang ada mulailah dari 1 atau 2 produk yang paling populer/paling laris/paling dibutuhkan semua kalangan masyarkat atau istilahnya "Best Seller" dan Kuasailah (bukan hanya sekedar tahu) Product Knowledge nya, sehingga anda menjadi "Ahli" mengenai Produk itu.
Kenapa harus produk yang paling populer/paling laris/paling dibutuhkan semua kalangan masyarkat? karena manusia kecenderungan untuk menjadi bagian dari segala sesuatu yang populer, disisi lain ampuh dalam menghalau keraguan, dalam pikiran mereka "jika banyak orang yang telah membeli, tentu produk ini benar - benar berkualitas"

Kenapa dimulai dari 1 atau 2 produk yang harus di kuasai tidak semuanya yang ada? tujuannya adalah supaya keahlian anda terfokus sehingga orang banyak mengenal personal branding anda karena keahlian anda dalam mengatasi segala masalah yang berhubungan dengan produk tersebut, dan tentunya supaya anda tidak menjadi capek pusing sendiri dalam mempelajari dan menguasai banyak product knowledge... :)

Ketika anda menguasai product knowledge, anda pun akan secara reflek bercerita mengenai kualitas dan manfaat dari produk anda, apabila dalam suatu percakapan ada suatu masalah yang dapat di atasi dengan produk anda. Bercerita disini bukan "Menjual" produk melainkan bercerita membagikan pengalaman atau informasi mengenai manfaat produk anda dapat mengatasi permasalahan yang sedang dialami oleh teman bicara anda. sehingga orang yang menjadi teman bicara anda tidak lagi melihat anda sebagai si "Penjual" produk, melainkan orang yang "Ahli" dalam mengatasi permasalahan teman bicara anda melalui Produk yang anda ceritakan.

Begitupun halnya dalam mempublikasikan keahlian anda dalam postingan di sosial media, anda harus selalu tonjolkan mengenai ke Ahlian anda dalam penguasaan "product knowledge" Produk yang paling populer/paling laris/paling dibutuhkan semua kalangan masyarkat yang merupakan produk  paling anda kuasai.
Dan dalam mengaplikasikannya dalam di sosial media hal yang harus anda tekankan adalah :

Gunakan Foto / Gambar Asli Anda dalam Profile Sosial Media anda supaya teman - teman di Sosial Media anda mengenal anda sebagai asli manusia pemilik account, bukan account SPAM.

Cantumkan nomor kontak dan media komunikasianda yang aktif dan bisa dihubungi di Sosial Media anda jangan suka ganti - ganti, agar anda mudah segera dihubungi.

Buatlah Posting 1-2 kali sehari, atau 10x seminggu
Maksimalkan kualitas 1 postingan daripada membuat banyak post yang tidak berkualitas. Ini lah yang di lakukan oleh akun Brand besar di Facebook. Rata - rata 1-2 per hari. Bahkan ada yang hanya 2 hari sekali.

Multy Sukses Jambi

Anda harus membuat suatu postingan yang berkualitas 
Disinilah Personal Branding anda mulai dibangun, reputasi anda sebagai Pebisnis MLM Profesional dapat di nilai oleh teman-teman Sosial Media anda yang merupakan target potensial sebagai konsumen ataupun Mitra Bisnis MLM anda . 

Karena hal pertama di lihat oleh teman-teman Sosial Media anda tentang anda adalah postingan anda sendiri untuk menilai pribadi anda

Dalam membuat suatu Postingan yang berkualitas harus melalui proses perencanaan, pembuatan, dan analisanya. Anda harus mengetahui tahapan yang dilalui oleh seorang calon kustomer mulai dari pengenalan hingga pembelian.

Misalnya Ketika ada orang yang akan melakukan pembelian, tentunya dia tidak langsung tiba-tiba membeli. Sebelum itu, ada proses yang harus dilalui…ini prosesnya:
  • Orang yang akan melakukan pembelian itu sadar  bahwa dia punya suatu permasalahan. Karena itu dia butuh informasi lebih dalam mengenai permasalahan yang dia alami, serta apa solusi yang tepat.
  •  Dari proses menggali informasi tadi, orang itu ternyata menemukan anda sebagai solusi terbaik untuk permasalahannya. Orang itu mengetahui bahwa produk/layanan anda sebagai solusinya. Orang itu melakukan pertimbangan dengan menghubungi anda dan melakukan tanya jawab, dan mereka mendapatkan kepuasan atas pelayanan anda.
  • Setelah itu, barulah orang itu yakin untuk melakukan pembelian.
Dari tahapan-tahapan diatas, maka anda sudah bisa memulai membuat postingan berdasarkan masing - masing tahapan itu diantaranya :
  1. Awareness: Anda mulai menyusun isi postingan (konten) tentang menyelesaikan permasalahan besar dari orang-orang yang menjadi target pasar anda, tanpa unsur penjualan sama sekali. Tujuannya untuk menarik perhatian mereka dan meningkatkan reputasi anda di mata mereka. Contohnya : dengan memulai dengan kalimat "Apakah Anda mengalami / menderita (masalah)?" 
  2. Evaluation: Berikan konten mengenai permasalahan yang lebih mendalam (urgent) dan jelaskan bahwa produk/layanan anda adalah solusi utamanya. Contohnya : dengan memakai kalimat "Tahukah anda (masalah) dapat mengakibatkan (efek buruk yang lebih menyakitkan atau kerugian yang lebih besar)?...Untungnya ada cara cepat/mudah untuk mengatasi/mengurangi/menyelesaikan (masalah). (sebutkan nama produk/jasa. tunjukkan 1- 10 alasan mengapa produk/jasa anda yang paling tepat)"  
  3. Purchase: Dalam tahap ini barulah anda memberi tahu bagaimana cara memesan/membeli produk/jasa anda. Contohnya : dengan memakai kalimat "Untuk pemesanan anda dapat menghubungi kami Andri di nomor HP/SMS : 081234xxx atau BBM : a112233s"
Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk membangun personal branding di Sosial Media Dalam Berbisnis MLM. Bila anda bisa menghadirkan personal branding yang baik, kamu akan lebih mudah membangun jaringan bisnismu. Tetap semangat!

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda...Berkomentarlah Dengan Baik Dan Benar