Tips Meminimalisir Resiko Bisnis MLM

Resiko bisnis MLM
Dalam bisnis apapun termasuk bisnis MLM, yang bisnis online maupun offline namanya Resiko tak bisa di hilangkan sama sekali. Resiko dan sukses dalam bisnis di umpamakan ibarat madu dan lebah, saling berkaitan, jika anda menginginkan madunya anda harus mau mengambil resiko tersengat lebah. Agar terhindar dari sengat lebah dalam mengambil madu anda bisa menggunakan pakaian khusus yang menutupi keseluruhan tubuh dari ujung rambut sampai ke ujung kaki. Hal yang anda lakukan dalam menghindari sengatan lebah inilah yang di sebut dengan Meminimalisir Resiko.

Dalam berbisnis MLM sebelum anda mengambil keputusan untuk join ada baiknya pertama kali anda mengetahui apakah Perusahaan MLM itu sudah baik dan benar atau tidak, sebagai referensi bisa baca : Cerdas Memilih Bisnis MLM Yang Baik Dan Benar
Setelah mengetahui Perusahaan MLM itu baik dan benar berarti anda sudah bisa mengindikasikan Bisnis MLM itu sudah layak untuk di tekuni / jalani. Namun walaupun sudah terindikasi sudah layak, anda masih belum bisa berani mengambil keputusan untuk join, karena anda harus menggali lebih dalam lagi untuk mengenal Resiko apa saja yang akan di hadapi bila sudah menjalani bisnis MLM tersebut. Hal yang anda lakukan dalam menggali lebih dalam untuk mengenali resiko ini tujuannya agar anda bisa membuat Manajemen Resiko, yang kelak  berguna dalam meminimalisir / mengatasi Resiko yang anda hadapi.

Dalam membuat sistem Manajemen Resiko berbisnis MLM setidaknya anda membuatnya menjadi empat tahapan :

1. Kenali Resiko 
Untuk tahapan pertama ada baiknya di buat / di tulis daftar resiko dalam Mengenali Resiko, darimana anda bisa mendapatkan informasinya?. Anda bisa mendapatkannya dari pengalaman yang mem"prospek" anda, tulis semua kendala-kendala apa saja yang dihadapinya selama menjalankan bisnis MLM dan bagaimana dia mengatasi kendala-kendala tersebut. Selain mendapatkan informasi dari pengalaman yang mem"prospek", anda juga bisa mendapatkan informasi / testimoni dari memeber-member yang lain yang bergabung di bisnis MLM yang sedang anda pelajari melalui search engine.

2. Perhitungkan Resiko
Setelah anda mengenali kemungkinan - kemungkinan Resiko dan cara mengatasi Resiko dari informasi yang anda dapatkan dari orang lain. Anda harus memperhitungkan kemungkinan - kemungkinan resiko dan cara mengatasi Resiko orang lain tersebut kepada Diri Anda Sendiri, karena langkah - langkah yang orang lain lakukan dalam menghadapi Resiko belum tentu semuanya bisa kita terima / ikuti tetapi bisa sebagai bahan referensi anda kelak bila menghadapi resiko yang sama. 
Di tahap inilah anda sudah bisa mulai mengambil keputusan untuk join atau tidak di bisnis MLM tersebut. Sekiranya informasi kemungkinan - kemungkinan resiko dan cara mengatasi resiko yang anda dapatkan itu Dapat Anda Terima dan Pahami jangan tunda - tunda lagi untuk segera Join. Namun apabila anda Tidak Dapat Terima dan Pahami di karenakan Tidak Sesuai dengan Perhitungan ke diri pribadi anda, jangan segan - segan untuk mengabarkan kepada yang mem"prospek" anda, jangan di diamkan berlarut-larut, demi menjaga hubungan relasi tetap terjalin baik.

3. Menyiapkan Strategi dan Menerapkannya
Dalam tahapan ini anda bisa melanjutkan membacanya apabila keputusan anda di tahap sebelumnya adalah sudah mantap ikut join dalam berbisnis MLM. Namun bila keputusan anda di tahap sebelumya adalah Tidak ikut join berbisnis MLM anda bisa berhenti membacanya sampai disini saja ☺
Setelah anda join dalam berbisnis MLM, anda harus segera action, fokus, konsisten dalam menjalani marketing plan Bisnis MLM anda, serta ikuti semua ketentuan - ketentuan di perusahaan MLM anda, aktif berkomunikasi dengan Sponsor anda, tidak ada lagi istilah "mimpi disiang bolong" karena anda sekarang sudah memiliki tujuan jelas dalam bergabung di bisnis MLM pilihan anda yaitu mewujudkan impian anda melalui bisnis MLM pilihan anda. Dan apabila menghadapi kendala-kendala dalam menjalankan bisnis MLM anda sudah siap dengan strategi yang anda miliki yaitu hasil dari "modifikasi" pengalaman orang lain yang di sesuaikan dengan karakter pribadi anda. Disini anda sudah mulai menempa diri anda untuk menjadi seorang pebisnis MLM yang handal dan profesional dan tentunya menjadi  pebisnis MLM yang SUKSES.

4. Memantau Resiko
Dalam menjalankan bisnis apapun termasuk berbisnis MLM tidak ada suatu yang pasti berjalan lancar, semuanya bisnis itu berjalan dinamis ada saja hal - hal di luar dugaan terjadi dan itu wajar adanya. anda harus pantau terus kemungkinan - kemungkinan resiko yang terjadi apabila terjadi kendala "Diluar Dugaan" jangan segan - segan komunikasikan dengan "sponsor" anda dan apabila sponsor anda tidak dapat mengatasinya dia sponsor anda dapat meminta masukkan / solusi dari sponsor yang diatasnya lagi. Disinilah salah satu keuntungan dalam berbisnis Jaringan, karena dalam berbisnis jaringan tidak ada istilah atasan dan bawahan, yang ada adalah "rekan bisnis" yang saling mensuport / mendukung, jadi apabila ada kendala / resiko "Diluar Dugaan" terjadi anda tidak sendirian dalam menghadapinya, karena tim yang ada dijaringan bisnis anda akan membantu anda dalam menghadapi kendala / resiko yang "Diluar Dugaan"

Jadi tak ada yang perlu di takuti dari resiko berbisnis MLM, yang penting selama resiko itu dalam kontrol anda, yakinlah jika anda berada di jalur bisnis MLM yang benar anda akan menapaki KESUKSESAN anda di Bisnis MLM. Kenali resiko bisnis MLM anda, kelola, dan teruslah maju dalam berbisnis MLM.

Semoga bermanfaat
Salam "Bersama Meraih Sukses"

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda...Berkomentarlah Dengan Baik Dan Benar